Bahasa Indonesia menyenagkan!

" Aku tidak suka pelajaran bahasa Indonesia!" kata-kata itu terlontar dari mulut kecil seorang anak. Ketika ditanya tentang hal itu, dengan simple ia menjawab bahwa pelajaran bahasa Indonesia membosankan. Alangkah heran lagi hobi anak itu adalah membaca. Mengapa bisa begitu? Ia menjawab bahwa cerita di buku bahasa Indonesianya tidak menarik tidak seperti buku komik dan novel bacaannya sehari-hari. Mungkin anak itu salah menggunakan buku teks pelajaran.
    Padahal seharusnya, buku bahasa Indonesia harus disusun dan dikemas dengan baik dan menarik agar anak-anak zaman sekarang tidak bosan belajar bahasa Indonesia. Bila anak sampai bosan untuk belajar bahasa Indonesia, itu bisa gawat! Padahal bahasa adalah jembatan  pembuka jendela untuk mempelajari ilmu-ilmu lain. Dengan bahasa kita bisa berkonunikasi dengan satu sama lain. Apa lagi jika kita menggunakan bahasa yang tertutur dan tepat. Bila kita tidak mahir berbahsa, bagaimana bisa kita untuk mempelajari pelajaran lain?
   Oleh karena itu, jangan salah pilih buku untuk mempelajari bahasa! Gunakanlah buku teks pembelajaran yang tepat! Jangan pernah mengatakan bahasa Indonesia itu membosankan. Bahasa Indonesia itu menyenangkan. Dengan menggunakan bahasa Indonesia, kalian bisa membuat dan menciptakan sajak, puisi, pantun, drama, ungkapan dan lainya.

   Dalam bahasa Indonesia, terdapat berbagai ungkapan dan majas atau gaya bahasa untuk memperindah suatu kalimat. Contoh: Hati berbunga-bunga melihat pemandangan itu. Pepohonan berbaris rapi menyambut kedatanganku. Pohon kelapa itu melambai-lambai kepadaku. Oh! alangkah indah mempesona bagaikan surga tempat ini.
   Nah, kalian sudah melihat contoh kalimat-kalimat itu bukan? Lihatlah kata-ata yang terdapat dalamnya. Betama indah dan menarik untuk dibaca. Oleh karena itu, jangan pernah mengatakan bahasa Indonesia itu membosankan. Ubahlah pandangan itu menjadi  "Bahasa Indonesia itu menyenagkan". Kesimpulannya, belajar lah bahasa Indonesia dengan baik agar kamu bisa memahami ilmu-ilmu lain dan menutur kalimat menjadi indah.  Jadi, mari berbahasa Indonesia.
  

Comments

Popular posts from this blog

Tata Ibadah dalam Agama Buddha

Resensi Buku: Four A Divergent Collection

Agama Sikh di Indonesia: Mengumpet di Balik Nama Hindu